Rafi, Raihan Muhammad (2025) ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA USAHA ZEN SYAFA DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (165kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (160kB) |
|
|
Text
Cover.pdf Download (153kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (118kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (129kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (440kB) |
Abstract
Usaha Zen Syafa merupakan salah satu unit usaha mikro kecil yang bergerak di bidang perdagangan ayam broiler di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa usaha ini belum menerapkan perencanaan laba secara optimal. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu penerapan analisis Break Even Point sebagai alat perencanaan laba pada usaha Zen Syafa di kota Bandung. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk menganalisis Break Even Point sebagai alat perencanaan laba pada usaha Zen Syafa di kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara terstruktur dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui seperti publikasi, jurnal, atau lembaga yang terkait. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung Break Even Point menggunakan rumus matematik, metode grafik, Contribution Margin, Margin Of Safety, dan perencanaan laba. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat Break Even Point pada usaha Zen Syafa pada periode bulan Oktober s/d Desember 2024 mengalami fluktuasi, baik dalam satuan unit maupun rupiah tetapi telah melewati titik impas sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian pada periode tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi analisis Break Even Point dalam usaha ini terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi ayam broiler yang tidak terjual, perubahan volume penjualan, manajemen usaha, dan biaya operasional. Sementara itu, faktor eksternal mencakup harga pasar, iklim dan cuaca, dan pesaing. Saran yang dapat disampaikan kepada pemilik usaha adalah meningkatkan pemahaman manajemen keuangan, menjaga kestabilan biaya dan harga jual, serta menyiapkan strategi pemasaran untuk menghadapi kondisi pasar. Nilai pendapatan minimum sebesar Rp350.000.000 per bulan menjadi target penting untuk dicapai guna menunjang pencapaian laba yang diharapkan. Kata Kunci: Break Even Point, Perencanaan Laba
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2025 |
| Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 03:03 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 03:03 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
