PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2023-2024)

SAMINTRA,DIFFA SEPTIO, 205020064 (2025) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2023-2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI SKRIPSI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 18 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 19 Bandung, tahun ajaran 2024/2025, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI-9 sebagai kelas ekperimen dan XI-8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa di mana pada kelas eksperimen skor pretest yaitu 55,76 dan skor posttest yaitu 84,73, sedangkan pada kelas kontrol skor pretest yaitu 54,44 dan skor posttest yaitu 67,50. Meningkatnya kemampuan hasil belajar siswa dengan pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa pada mata pelajaran ekonomi meningkat sebesar 28,97%. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Peningkatan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:33
Last Modified: 22 Oct 2025 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81566

Actions (login required)

View Item View Item