IMPLEMENTASI PEMBACAAN AYAT SUCI AL-QUR’AN SEBELUM PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK CIVIC VIRTUE PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMK Pasundan 4 Bandung Kelas X)

Fauzi Aditia Ahmad, 215010015 (2025) IMPLEMENTASI PEMBACAAN AYAT SUCI AL-QUR’AN SEBELUM PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK CIVIC VIRTUE PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMK Pasundan 4 Bandung Kelas X). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (848kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh menurunnya karakter dan civic virtue peserta didik, yang ditandai dengan kurangnya rasa saling menghargai, sopan santun, dan kepatuhan terhadap aturan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembacaan ayat suci Al-Qur’an sebelum pembelajaran dalam membentuk civic virtue, mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaanya, serta mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi peserta diidk kelas X, guru PPKn, dan Kepala Sekolah di SMK Pasundan 4 Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembiasaan pembacaan ayat suci Al-Qur’an berjalan dengan baik dan menjadi bagian dari budaya sekolah yang mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab, peduli sosial, keterbukaan, dan partisipasi aktif peserta didik. Namun demikian, terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya konsistensi peserta didik dalam mengikuti kegiatan, kurangnya pengawasan, dan motivasi internal siswa yang masih rendah. Upaya yang dilakukan sekolah meliputi pemberian motivasi, pengawasan lebih ketat oleh guru, serta pelibatan orang tua dalam mendukung kegiatan pembiasaan ini. Dengan demikian, pembacaan ayat suci Al-Qur’an sebelum pembelajaran terbukti memiliki kontribusi dalam membentuk civic virtue peserta didik di sekolah. Kata Kunci: Civic Virtue, Pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, SMK Pasundan 4 Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:44
Last Modified: 17 Oct 2025 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81511

Actions (login required)

View Item View Item