PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

CHINTIA PIRNIA, 115060194 (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
BAGIAN PEMBUKA SKRIPSI.docx

Download (45kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR+daftar isi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
BAB I acc.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB II acc.docx

Download (133kB)
[img] Text
BAB III acc.docx
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV acc.docx
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB V acc.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan berfikir kitis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode Problem Solving di kelas V Sekolah Dasar Negeri Puntang Sari yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas, sifat penelitian adalah kolaboratif, subjek penelitian guru sebagai peneliti, siswa yang berjumlah 33 orang. Data skor yang dikumpulkan data skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran,dataskor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, datanilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, lembar observasi dan alat pengumpul data pada observasi langsung adalah tes tertulis pretest dan postes. Hasil penelitian skor kemampuan guru merencakan pembelajaran pada siklus I adalah 3.25, sedangkan pada siklus II adalah 3.75. Skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3.10 sedangkan pada siklus II adalah 3.63. Nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I adalah 16,13% sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II adalah 90%. Dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Puntang Sari Kabupaten Bandung. Kata kunci: Berfikir Kritis dan Hasil Belajar, Pembelajaran matematika, Problem Solving,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Aug 2016 15:12
Last Modified: 08 Aug 2016 15:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item View Item