PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

JUSEP SAPUTRA, NPM. 138060048 (2015) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNPAS Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan dampaknya kemandirian belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Pasundan Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) 2 kelas yang mengontrak mata kuliah matematika sekolah III. Kelas A berjumlah 50 orang yaitu 24 orang kelompok unggul dan 26 orang kelompok asor, diberikan perlakuan dengan model PBL berbantuan e-learning dan kelas B berjumlah 50 orang, 27 orang kelompok unggul dan 23 orang kelompok asor, dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh model PBL berbantuan e-learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) Kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh model PBL berbantuan e-learning lebih baik daripada kemandirian belajar mahasiswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (3) Terdapat pengaruh positif kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap kemandirian belajar dari kategori KAM mahasiswa, (4) Aktivitas dosen dalam menggunakan model PBL berbantuan e-learning mulai terbiasa dari pertemuan ketiga. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti model PBL berbantuan e-learning rata-ratanya naik dari kriteria kurang baik sampai menjadi baik, dan mahasiswa menjelaskan bahwa model PBL berbantuan e-learning lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Aug 2016 18:43
Last Modified: 05 Aug 2016 18:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8108

Actions (login required)

View Item View Item