SULISTIA DENIS, 215020036 (2025) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI -8 SMA Negeri I Nagreg Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
8. BAB II.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
![]() |
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Nagreg. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa perbedaan kondisi sosial ekonomi keluarga serta pola asuh yang diterapkan orangtua memberikan dampak yang beragam terhadap capaian akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik proportional random sampling, melibatkan 84 siswa kelas X sebagai responden. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk mengukur status sosial ekonomi, pola asuh orangtua dan prestasi belajar siswa kelas X SAMN 1 Nagreg. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh cukup signifikan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Nagreg dengan kategori sedang. Kemudian terdapat pengaruh dari pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Nagreg dengan kategori sedang. Secara simultan antara status sosial ekonomi dan pola asuh orangtua, keduanya memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Nagreg dengan kategori sedang. Sementara itu, sisanya terdapat pengaruh dari faktor lainnya seperti motivasi belajar, lingkungan belajar dan model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 06:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |