PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

TRIANI SETIAWATI, 115060118 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (60kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V di SDN Pasawahan 05 Kabupaten Bandung dengan menggunakan metode mind mapping. Hal tersebut didasari oleh kurangnya kemampuan selama pembelajaran berlangsung yang berimbas pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang dilakukan selama dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik nontes untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas kinerja guru/peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II bahwa, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 32%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 95%. Oleh karena itu, penggunaan metode mind mapping sangat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis dialog sederhana pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan dalam metode pembelajaran mind mapping siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman, dan dapat mengembangkan kemampuan sosial. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Kemampuan menulis dialog sederhana, metode mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Aug 2016 18:45
Last Modified: 04 Aug 2016 18:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8056

Actions (login required)

View Item View Item