ANALISIS WACANA KRITIS PADA LIRIK LAGU “BAYAR BAYAR BAYAR” KARYA BAND SUKATANI SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL

Aditya, Candra (2025) ANALISIS WACANA KRITIS PADA LIRIK LAGU “BAYAR BAYAR BAYAR” KARYA BAND SUKATANI SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (123kB)
[img] Text
COVER - SKRIPSI - CANDRA ADITYA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (137kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Wacana Pada Lirik Lagu “Bayar Bayar Bayar” Karya Sukatani sebagai Media Kritik Sosial dengan menggunakan teori Analisis Wacana Norman Fairclough. Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatif melalui analisis teks, wawancara dengan informan kunci (anggota band, akademisi, dan pendengar), serta literatur pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik “Bayar Bayar Bayar” memuat pesan moral tentang kekecewaan, ketidakpuasan, dan kemarahan rakyat terhadap Instansi Kepolisian. Lagu ini menegaskan bahwa masyarakat kecewa terhadap pelayanan kepolisian dalam berbagai aspek dikehidupan sehari-hari. Secara teoritis, kegunaan penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat serta berkontribusi atas kajian ilmu komunikasi terutama yang berkaitan dengan menggunakan pendekatan Norman Fairclough. Pendekatan analisis wacana yang pada hakikatnya diciptakan untuk menelaah atau menguji pemberitaan pada suatu media Kata Kunci: Analisis Wacana, Norman Fairclough, Sukatani.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:37
Last Modified: 10 Oct 2025 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80536

Actions (login required)

View Item View Item