PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Hanifah, Hanifah (2025) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Caver .pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII SMPIT Al-Ukhuwah Kabupaten Subang, yang diduga berkaitan dengan kurangnya komunikasi interpersonal yang efektif antara guru dan siswa. Sehingga adanya peran yang bagus didalam dimensi-dimensi komunikasi yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Hal ini diyakini dapat menciptakan interaksi yang lebih harmonis sehingga mendorong peningkatan motivasi belajar. Teori yang digunakan sebagai landasan adalah Teori Self Disclosure, yang menekankan keterbukaan dalam membangun hubungan interpersonal yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Al-Ukhuwah, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel Jenuh. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan Skala Likert. Teknik pengolahan data yang di gunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis data menggunakan analisis linear regresi beganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan setelah melakukan pengolahan data secara parsial yaitu pengaruh komunikasi interpersonal yang meliputi sebagai berikut : Keterbukaan (X1) sebesar 24,6% berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y), Empati (X2) sebesar 3,9% tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y), Sikap Mendukung (X3) sebesar 21,3% berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y), Sikap Positif (X4) sebesar 6,2% tidak berpengaruh secara signifikan tehadap motivasi belajar siswa, Kesetaraan (X5) sebesar 23,5% berpengaruh secara siginifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y). Pada kesimpulan penelitian ini didapatkan dua poin, pertama bahwa dimensi komunikasi interpersonal secara parsial berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa terkecuali pada dimensi Empati (X2) dan Sikap Positif (X3) yang tidak berpengaruh secara signifikan. Kedua bahwa komunikasi interpersonal secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:27
Last Modified: 10 Oct 2025 01:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80523

Actions (login required)

View Item View Item