PENGARUH KONTEN MERCHANDISE NCT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS NCTZEN BANDUNG

Auliya, Elfa (2025) PENGARUH KONTEN MERCHANDISE NCT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS NCTZEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Psutaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (981kB)

Abstract

Internet sebagai bagian dari kemajuan teknologi sangat mempengaruhi terhadap perkembangan terhadap infromasi dari berbagai sosial media, yang biasa disebut konten digital. Fenomena maraknya konten digital yang menampilkan produk- produk merchandise idol group K-pop, khususnya NCT, diduga memiliki daya tarik tersendiri yang mendorong penggemar untuk melakukan pembelian secara emosional maupun impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada anggota komunitas NCTzen Bandung, Variabel independen dalam penelitian ini adalah konten (X) yang dianalisis melalui tiga dimensi, yaitu kualitas, frekuensi tayangan, dan kemampuan membangun hubungan sosial. Sedangkan variabel dependen adalah perilaku konsumtif (Y), yang mencerminkan kecenderungan membeli barang tanpa pertimbangan kebutuhan fungsional. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial, konten merchandise memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif anggota komunitas. Dimensi – dimensi konten memiliki pengaruh terhadap minat beli sebesar 55,242. Secara parsial, kualitas konten memberikan pengaruh sebesar 20,4% , frekuensi memberikan pengaruh sebesar 16,7%, kemampuan membangun hubungan sosial memberikan pengaruh sebesar 15,1%. Hasil ini menunjukan bahwa faktor – factor tersebut berkontribusi pada perilaku konsumtif yang disebabkan oleh konten pada komunitas NCTzen Bandung. Kata Kunci : Konten Merchandise, Perilaku Konsumtif, NCT, NCTzen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:04
Last Modified: 06 Oct 2025 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80363

Actions (login required)

View Item View Item