NURAULIA WIDYA, 185060152 (2025) PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING DENGAN MEDIA PERMAINAN SAKOLA GO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Peserta Didik Kelas II di SDN Babakan Wangi Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1.COVER DEPAN.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
6.ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
8.BAB I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
9.BAB II.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
10.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
![]() |
Text
11.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
![]() |
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas II di SDN Babakan Wangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses, pengaruh penggunaan model GBL (Game Based Learning) dengan media permainan Sakola Go, serta efektivitas peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas II SDN Babakan Wangi Kabupaten Bandung. Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas IIA dan 24 peserta didik kelas IIB. Metode yang digunakan adalah quasi experimental tipe non- equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan cara tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji effect size dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran umum proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model GBL (game based learning) dengan media permainan Sakola Go melalui tahap memilih game yang sesuai dengan topik pembelajaran, tahap penjelasan konsep, tahap penyampaian aturan main game, tahap pelaksanaan game, tahap merangkum pengetahuan, dan tahap melakukan refleksi sehingga peserta didik terlihat lebih aktif. Penggunaan model GBL (game based learning) dengan media permainan Sakola Go dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,07 dengan interpretasi dalam kategori besar sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar pada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Peningkatan terhadap hasil belajar matematika sebesar 68% dan jika dilihat dari nilai rata-rata terdapat peningkatan untuk kelas eksperimen dari 53,75 menjadi 85,96. sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol sebesar 53% dan jika dilihat dari rata-rata terdapat peningkatan dari 53,83 menjadi 78,58 dengan kategori peningkatan sedang. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model GBL (Game Based Learning), Sakola Go
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 01:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 01:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |