PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING DENGAN MEDIA PERMAINAN SAKOLA GO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Peserta Didik Kelas II di SDN Babakan Wangi Kabupaten Bandung)

NURAULIA WIDYA, 185060152 (2025) PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING DENGAN MEDIA PERMAINAN SAKOLA GO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Peserta Didik Kelas II di SDN Babakan Wangi Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1.COVER DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
8.BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
9.BAB II.pdf

Download (208kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas II di SDN Babakan Wangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses, pengaruh penggunaan model GBL (Game Based Learning) dengan media permainan Sakola Go, serta efektivitas peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas II SDN Babakan Wangi Kabupaten Bandung. Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas IIA dan 24 peserta didik kelas IIB. Metode yang digunakan adalah quasi experimental tipe non- equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan cara tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji effect size dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran umum proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model GBL (game based learning) dengan media permainan Sakola Go melalui tahap memilih game yang sesuai dengan topik pembelajaran, tahap penjelasan konsep, tahap penyampaian aturan main game, tahap pelaksanaan game, tahap merangkum pengetahuan, dan tahap melakukan refleksi sehingga peserta didik terlihat lebih aktif. Penggunaan model GBL (game based learning) dengan media permainan Sakola Go dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,07 dengan interpretasi dalam kategori besar sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar pada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Peningkatan terhadap hasil belajar matematika sebesar 68% dan jika dilihat dari nilai rata-rata terdapat peningkatan untuk kelas eksperimen dari 53,75 menjadi 85,96. sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol sebesar 53% dan jika dilihat dari rata-rata terdapat peningkatan dari 53,83 menjadi 78,58 dengan kategori peningkatan sedang. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model GBL (Game Based Learning), Sakola Go

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2025 01:37
Last Modified: 06 Oct 2025 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80345

Actions (login required)

View Item View Item