PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS II PADA TEMA LINGKUNGAN

RENI KUSMIATI, 115060324 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS II PADA TEMA LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover skripsi.docx

Download (77kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (117kB)

Abstract

Dilatarbelakangi karena rendahnya aktivitas peserta didik, selain itu penggunaan metode konvensial menjadi salah satu faktor penyebab prestasi siswa kurang maksimal, maka penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa kelas II pada tema lingkungan di SDN Sukalaksana I kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut dengan menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian RPP, lembar penilaian Pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, tes prestasi dan dokumentasi. Teknik tes yang dilakukan terdiri dari tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Project-Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar, hal tersebut dapat dilihat dari presentase RPP pada siklus I sebesar 82.5% pada siklus II menjadi 95%, pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 76.6% pada siklus II menjadi 91%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II menjadi 84%, prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 53% dan meningkat pada siklus II menjadi 88%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Project-Based Learning sangat menunjang pada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar pada tema lingkungan di kelas II SDN Sukalaksana I. Hal ini disebabkan dalam model Project-Based Learning siswa dituntut menyelesaikan sebuah tugas sehingga pembelajaran lebih bermakna. Kata kunci: Model Project-Based Learning, aktivitas siswa, prestasi belajar siswa, tematik, dan tema lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Aug 2016 15:22
Last Modified: 04 Aug 2016 15:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item