Erika Diana Risanti, 115060111 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (30kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
Motto dan Persembahan.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
pernyataan keahlian skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
ucapan terimakasih.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB 3.docx Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS materi tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing) di SDN Cipagalo 01 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Penelitian bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas V sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I sampai dengan siklus II setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode bermain peran (Role Playing) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tentang tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia di kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) siswa diberikan kesempatan untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan teman sekelasnya sehingga terjadi pengoptimalisasian partisipasi siswa dalam pembelajaran, interaksi yang terjadi selama pembelajaran dapat memberikan rangsangan untuk berpikir sehingga terjadi pengoptimalisasian partisipasi siswa dalam pembelajaran, interaksi yang terjadi selama pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bemain peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Bermain Peran, Aktivitas, dan Hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 15:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 15:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7968 |
Actions (login required)
View Item |