DEPI PERMANA, NPM. 138060007 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
3. Abstrak.doc Download (38kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
4. BAB I.doc Download (67kB) |
|
Text
5. BAB II.doc Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis siswa yang belajar melalui problem posing lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran langsung ditinjau dari kategori kemampuan awal matematik siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 39 Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan strategi problem posing dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran langsung. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman dan penalaran matematis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data tes awal, tes akhir, dan gain ternormalisasi kemampuan pemahaman matematis dan penalaran matematis, serta terhadap data tes kedua kelompok dilakukan uji perbedaan rerata antara dua populasi dan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang belajar problem posing dan siswa yang belajar pembelajaran langsung, pembelajaran problem posing lebih baik daripada pembelajaran langsung. tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang memiliki KAM tinggi, KAM sedang, dan KAM rendah antara siswa yang menggunakan pembelajaran problem posing dan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran (problem posing dan pembelajaran langsung) dan tingkat KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar problem posing dan siswa yang belajar pembelajaran langsung, pembelajaran problem posing lebih baik daripada pembelajaran langsung. Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki KAM tinggi, KAM sedang, dan KAM rendah, antara siswa yang menggunakan pembelajaran problem posing dan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung., tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran (problem posing dan pembelajaran langsung) dan tingkat KAM terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis. Kata kunci: Problem Posing, Pemahaman Matematis, Penalaran Matematis, Kemampuan Awal Matematik (KAM).
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 14:54 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 14:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7966 |
Actions (login required)
View Item |