PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP HIDUP SEHAT DAN HASIL BELAJAR

MIA PARAMITA NINGRUM, 115060196 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP HIDUP SEHAT DAN HASIL BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (50kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
abstrak inggris.docx

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB I .docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II .docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III .docx
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV .docx
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB V .docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
daptar pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Subtema Kebiasaan Makanku di SD Negeri Halimun Bandung khususnya di kelas IV dengan menerapkan model problem based learning. Peneltian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya sikap hidup sehat dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, dan lembar pertanyaan. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama,adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran, pada siklus 1 peserta didik berhasil meraih nilai rata-rata 65,70. Kedua,siklus 2 merupakan perbaikan dari siklus 1 dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peserta didik meraih nilai dengan rata-rata 74,30. Ketiga pelaksanaan siklus 3 merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 77,70. Keempat Selain nilai dari siklus 1, 2, dan 3 diatas, sikap hidup sehat peserta didik pun mengalami peningkatan dengan rentang skala penilaian 1 – 4, siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 2,20, mengalami peningkatan di siklus 2 menjadi 2,95 dan di siklus 3 menjadi 3,80. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan sikap hidup sehat dan hasil belajar peserta didik pada subtema kebiasaan makanku. Dalam model pembelajaran ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah yang telah diberikan. Maka,penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu pengenalan alternatif pembelajaran untuk diterapkan pada subtema manusia dan lingkungan di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Sikap Hidup Sehat, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Aug 2016 13:12
Last Modified: 04 Aug 2016 13:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item