Asokawati Nuraissa Rahmadi, 215040041 (2025) MEMBANGUN KETERAMPILAN OBJEKTIVITAS DALAM MENILAI DAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT): (Pengembangan Indikator Ke-2 Digital Habits of Mind). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Keterampilan objektivitas merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik untuk menghadapi tantangan di era digital. Namun, pembelajaran di sekolah belum sepenuhnya mendorong peserta didik untuk menilai dan mengidentifikasi informasi digital secara objektif. Penelitian ini mengkaji keterampilan objektivitas sebagai indikator ke-5 dari Digital Habits of Mind ke-2, yaitu menilai dan mengidentifikasi informasi, yang sebelumnya telah diteliti namun belum dalam konteks pembelajaran Biologi berbasis Internet of Things (IoT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Biologi berbasis IoT dalam membangun keterampilan objektivitas peserta didik pada materi peranan serangga dalam ekosistem. Penelitian menggunakan desain preeksperimental tipe One-shot Case Study untuk mengukur keterampilan objektivitas, serta One Group Pretest–Posttest Design untuk mengukur pengaruh pembelajaran terhadap peningkatan penguasaan konsep. Subjek penelitian berjumlah 33 peserta didik kelas X SMA Negeri 16 Bandung. Data utama berupa kemunculan keterampilan objektivitas, didukung oleh data penunjang seperti hasil pretest– posttest, LKPD kolaboratif yang nilainya terdistribusi ke individu, serta angket motivasi dan respons peserta didik. Pembelajaran menggunakan model ProjectBased Learning (PJBL) selama tiga pertemuan: perencanaan proyek IoT, pengambilan data lapangan menggunakan sensor, dan presentasi hasil dalam bentuk LKPD serta video kelompok. Hasil menunjukkan peningkatan keterampilan objektivitas, dengan rata-rata aspek keseimbangan 81,82%, bukti dan argumen 75%, dan bahasa netral 57,58%. Nilai N-Gain sebesar 0,67 (kategori sedang), serta motivasi dan respons ≥89%, menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis IoT efektif dalam membentuk keterampilan objektivitas dan pemahaman konsep secara kontekstual. Kata Kunci: Keterampilan Objektivitas, Menilai dan Mengidentifikasi Informasi Digital, Pembelajaran Biologi Berbasis Internet of Things, Materi Peranan Serangga dalam Ekosistem
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:46 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |