KONSEP BELAJAR MENITI KARIER PADA AKUN TIKTOK VINA MULIANA

Marbun, Rina Dara Tri (2025) KONSEP BELAJAR MENITI KARIER PADA AKUN TIKTOK VINA MULIANA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
KATA PENGANTAR rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (16kB)
[img] Text
lembar persetujuan rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (21kB)
[img] Text
abstrak 3 bahasa rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (21kB)
[img] Text
cover skripsi rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (113kB)
[img] Text
BAB I rina dara tri marbun 182050243.docx

Download (23kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah fenomena banyaknya mahasiswa yang mencari informasi edukasi seputar karier di sosial media. Dan akun tiktok vina muliana dianggap sebagai penyedia konten yang edukatif dan informatif. Perkembangan media sosial, khususnya TikTok telah membawa pengaruh besar dalam pola komunikasi dan pencarian informasi termasuk dalam konteks edukasi karier Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana mahasiswa menginterpretasikan pengalaman dan model belajar berkarier yang dikembangkan oleh mahasiswa setelah mengonsumsi konten video TikTok dari akun @vmuliana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Informan penelitian berjumlah tujuh orang dengan enam informan inti, dan satu informan ahli. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif belajar meniti karier dalam akun @vmuliana sebab mengalami kegagalan saat interview kerja sehingga informan memperbaiki kesalahan dengan mengikuti akun Tiktok tersebut. Tindakan setelah adanya kegagalan membuat informan memperbaiki segala aspek seperti CV dan melatih jawaban saat interview bersama HRD. Informan memaknai akun @vmuliana sebagai motivator dan konten yang informatif serta edukatif. Kesimpulannya ialah akun tiktok @vmuliana menjadi sumber belajar nonformal yang signifikan dalam pengembangan diri mahasiswa dalam meniti karier melalui Tiktok, mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri dan soft skill di dunia kerja. Kata Kunci: Belajar, Fenomenologi, Karier, Tiktok, Vina Muliana

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 01 Oct 2025 06:37
Last Modified: 01 Oct 2025 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78765

Actions (login required)

View Item View Item