FAUZI ISMAIL, 115060232 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR`. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. KAPER ok.docx Download (25kB) |
|
Text
2. LMBAR PENGESAHAN ok.doc Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI ok.doc Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
4. ABSTRAK ok.docx Download (21kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR ok.doc Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH ok.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
7. DAFATAR ISI OK.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
11. BAB I ok.docx Download (38kB) |
|
Text
12. BAB II ok.docx Download (527kB) |
|
Text
13. BAB III ok.docx Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
Text
14. BAB IV ok.doc Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
|
Text
15. BAB V ok.doc Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA ok.docx Download (30kB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP OK.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sebagian besar siswa memandang matematika sebagai salah satu pelajaran yang ditakuti. Hal ini dikarenakan imej mereka tentang pembelajaran matematika yang di anggap menyulitkan dan menyusahkan untuk mereka pelajari. Dalam pembelajaran tersebut. Terlihat siswa kurang memahami operasi hitung campuran tersebut. Hal ini dibuktikan dengan skor yang diperoleh siswa saat evaluasi yakni dari 28 orang siswa hanya memperoleh rata-rata 49,21%. Dengan nilai KKM yang ditentukan yakni 70. Permasalahan yang menyebabkan rendahnya nilai siswa dari hasil evaluasi pada pokok bahasan operasi hitung campuran diatas yakni tidak adanya penggunaan media dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dapat membantu penalaran siswa mengenai materi operasi hitung campuran tersebut. Akibat yang ditimbulkan siswa terlihat kurang memahami dan terlihat bingung terutama dalam operasi hitung campuran. Berdasarkan pemaparan diatas maka peneliti tertarik untuk mengetahui kontribusi Model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika, dan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka akan dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mekarjaya Banjaran”. Berdasarkan hasil penelitian siklus I terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dengan rata-rata yakni 67,86%. Pada siklus II terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dengan rata-rata yakni 80,71%. Kata kunci: Model Problem Based Learning, sikap Kemandirian dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 18:32 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 18:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7876 |
Actions (login required)
View Item |