FADILLA, AUDI ADI (2024) MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ROOFTOP COFFEE(Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pemasaran Melalui Konten Official Instagram Rooftop Coffee). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
Bab 2 - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
Bab 1 - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Cover - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Abstrak 3 Bahasa - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan - Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Media Sosial Instagram Rooftop Coffee - Audi Adi Fadilla - 202050016.pdf Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi manajemen komunikasi pemasaran yang terapkan oleh Rooftop Coffee dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai alat promosi dan interaksi pelanggan. Dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan teori computer- mediated-communication (CMC) dan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk memahami bagaimana strategi pemasaran digital diterapkan dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan dan membangun loyalitas mereka. Metode penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan empat narasumber utama, yaitu pemilik Rooftop Coffee, Tim Pemasaran, Pelanggan Baru, serta Pelanggan Lama. Selain itu, penelitian ini juga melakukan observasi terhadap konten Instagram Rooftop Coffee dan interaksi yang terjadi di dalamnya. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan untuk mengidentifikasi pola strategi pemasaran yang diterapkan serta dampaknya terhadap perilaku konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rooftop Coffee berhasil menarik perhatian audiens melalui penggunaan visual yang estetik dan fitur interaktif Instagram. Minat pelanggan dibangun dengan strategi storytelling, serta konten interaktif seperti polling dan Q&A. Pencarian informasi oleh pelanggan didukung dengan highlight yang informatif serta pemanfaatan user-generated content. Keputusan pelanggan untuk berkunjung dipengaruhi oleh promo eksklusif, event khusus, serta testimoni dari pelanggan lain. Selain itu, Rooftop Coffee mendorong pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka melalui repost konten pelanggan, program loyalitas, serta interaksi aktif di media sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku bisnis F&B dalam mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran digital melalui media sosial. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi akademis dalam studi komunikasi pemasaran digital dan perilaku konsumen. Kata kunci: Komunikasi pemasaran, media sosial, Instagram, AISAS, Rooftop Coffee
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |