SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY, 214020057 and Budi Septiawan S.E.M.AK.,MBA, Pembingbing (2025) PENGARUH PENERAPAN E-FILLING DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UKM DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survey Pada UKM di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.
![]() |
Text
COVER_SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY (214020057).pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY (214020057).pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB I_SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY (214020057).pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB II_SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY (214020057).pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB III_SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY (214020057).pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY (214020057).pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN_SITI NABILA NUR FITRI KURNIADY.pdf Download (268kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan e-Filling dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak UKM, dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada wajib pajak UKM di Kota Bandung. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui SmartPLS versi 4.0. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak UKM yang terdaftar dan berlokasi di wilayah kerja KPP Pratama Bandung Cicadas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Nonprobability Sampling dengan menggunakan metode Convenience Sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 70 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode survei dan juga menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Filling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UKM. Sebaliknya, kualitas pelayanan fiskus tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UKM. Selain itu, sosialisasi perpajakan tidak mampu memoderasi hubungan antara penerapan e-Filling maupun kualitas pelayanan fiskus dengan kepatuhan wajib pajak UKM. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa digitalisasi administrasi perpajakan melalui e-Filling menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak UKM, sementara kualitas pelayanan fiskus dan sosialisasi perpajakan perlu ditingkatkan efektivitasnya. Kata Kunci: e-Filling, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak, UKM.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Mr FEB-Parid - |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:53 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 07:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |