PENETRASI SOSIAL PADA KOMUNITAS LITERASA SEBAGAI WADAH UNTUK MENGATASI BURNOUT AKADEMIK

Insaniah, Ambarwati (2025) PENETRASI SOSIAL PADA KOMUNITAS LITERASA SEBAGAI WADAH UNTUK MENGATASI BURNOUT AKADEMIK. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (105kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (600kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Penterasi Sosial pada Komunitas Literasa sebagai Wadah Mengatasi Academic Burnout" (Studi Deskriptif Mahasiswa di Bandung). Tujuannya untuk menggambarkan proses komunikasi antaranggota komunitas Literasa dalam membantu meredakan kejenuhan dan tekanan akademik (academic burnout) pada mahasiswa. Fenomena burnout yang umum terjadi di kalangan mahasiswa menjadi latar belakang utama. Komunitas Literasa tidak hanya sebagai ruang diskusi literasi, tetapi juga sebagai ruang aman untuk berbagi cerita, membangun kedekatan emosional, dan saling mendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori penterasi sosial yang mencakup empat tahap: orientasi, penjajakan afektif, pertukaran afektif, dan pertukaran stabil. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan enam informan: satu pendiri komunitas, empat anggota aktif, dan satu dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terbangun secara bertahap dalam komunitas ini mampu menciptakan rasa nyaman, saling percaya, dan dukungan emosional yang membantu anggota menghadapi burnout akademik. Kata Kunci: Komunitas Literasa, Penterasi Sosial, Academic Burnout, Komunitas Literasi, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:05
Last Modified: 30 Sep 2025 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78676

Actions (login required)

View Item View Item