MEMBANGUN KETERAMPILAN KEAKURATAN DALAM MENILAI DAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IOT) Pengembangan Indikator ke-2 Digital Habits of Mind)

NURSIAM NOVITA ENJELIN, 215040010 (2025) MEMBANGUN KETERAMPILAN KEAKURATAN DALAM MENILAI DAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IOT) Pengembangan Indikator ke-2 Digital Habits of Mind). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun keterampilan keakuratan peserta didik yang merupakan sub-indikator ke-1 dari indikator ke-2 digital habits of mind, yaitu menilai dan mengidentifikasi informasi digital melalui pembelajaran biologi berbasis Internet of Things (IoT), dengan fokus pada materi peranan serangga dalam ekosistem. Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas X-A di SMA Negeri 16 Bandung, menggunakan pendekatan pre-eksperimental dengan desain penelitian pre-test-posttest one group dan one-shot case study. Instrumen yang digunakan meliputi tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep, lembar observasi untuk memantau aktivitas peserta didik, rubrik untuk menilai keterampilan keakuratan, dan kuesioner untuk mengevaluasi motivasi serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 69,4% siswa mencapai kategori "baik" dalam keterampilan keakuratan, dengan 75,0% pada verifikasi fakta, 69,4% pada identifikasi kesalahan faktual, dan 63,9% pada pemeriksaan keaslian sumber informasi. Pemahaman konsep meningkat signifikan, dengan 56,7% peserta didik menunjukkan peningkatan tinggi berdasarkan analisis NGain. Motivasi dan respon peserta didik sebagian besar berada pada kategori "sedang" (66,7% dan 70%). Analisis korelasi Spearman’s Rho menunjukkan korelasi negatif signifikan antara keterampilan keakuratan dan respon (r = -0,385, p = 0,036), namun tidak ada hubungan signifikan dengan pemahaman konsep serta motivasi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan IoT sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan literasi digital dan berpikir kritis di abad ke-21. Kata Kunci: digital habits of mind, keterampilan keakuratan, literasi digital, pembelajaran biologi berbasis Internet of Things (IoT).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:24
Last Modified: 26 Sep 2025 08:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78612

Actions (login required)

View Item View Item