PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Mengenai Perilaku Perundungan di SMP Negeri 53 Kota Bandung)

Finarianingrum, Ragilna (2025) PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Mengenai Perilaku Perundungan di SMP Negeri 53 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II_ PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (259kB)
[img] Text
COVER_PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_ PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I_ PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (116kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR_PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_ PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK_3_PERSEPSI MENGENAI PERILAKU PERUNDUNGAN DI LINGKUNG.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai perilaku perundungan di lingkungan sekolah, dengan menelaah tahapan pembentukan persepsi yang meliputi seleksi, organisasi, dan interpretasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SMP Negeri 53 Kota Bandung, melibatkan siswa guru Bimbingan Konseling (BK), dan psikolog sebagai informan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencangkup reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa siswa menyeleksi informasi perundungan melalui indikator verbal, nonverbal, dan respons lingkungan, mengorganisasikannya dengan membedakan antara bercanda dan perundungan serius, serta menginterpretasikan berdasarkan nilai, empati, dan pengalaman pribadi. Persepi tersebut menegaskan bahwa perundungan berdampak negatif secara psikologis, sosial, dan akademis. Guru BK menekankan pendekatan restorative justice dengan fokus pada pemulihan hubungan, sementara psikolog menyoroti pentingnya intervensi komprehensif. Kesimpulannya, persepsi yang tepat mengenai perundungan dapat menumbuhkan sikap prososial serta tindakan preventif di kalangan siswa. Kata Kunci: lingkungan sekolah, perundungan, persepsi, siswa, restorative justice.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:50
Last Modified: 26 Sep 2025 01:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78591

Actions (login required)

View Item View Item