Buana, Surya Pancar (2025) PERAN PEMERINTAH JEPANG DALAM MENINGKATKAN NATION BANDING MELALUI ANIME SHOUNEN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (350kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana pemerintah Jepang memanfaatkan anime shounen sebagai instrumen diplomasi publik dan digital untuk memperkuat nation branding di Indonesia. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi, diplomasi tradisional mengalami pergeseran menuju diplomasi berbasis budaya populer yang lebih interaktif. Anime shounen, menjadi salah satu medium soft power paling efektif Jepang dalam membangun citra positif di tingkat global. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis media, dengan memanfaatkan literatur akademik, artikel, laporan resmi, serta konten digital. Analisis dilakukan menggunakan konsep soft power (Joseph Nye), nation branding (Simon Anholt), serta teori diplomasi publik dan digital (Jan Melissen; Bjola & Holmes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diplomasi publik Jepang berhasil meningkatkan daya tarik budaya melalui kebijakan Cool Japan Fund, peran JETRO dan Japan Foundation, serta promosi melalui Japan House. Strategi ini diperkuat oleh diplomasi digital, di mana distribusi anime shounen melalui platform streaming dan media sosial berhasil menjangkau generasi muda Indonesia. Fenomena seperti pengibaran bendera Mugiwara dan berkembangnya komunitas penggemar anime membuktikan adanya internalisasi budaya Jepang di Indonesia. Data Nation Brand Index juga menegaskan posisi Jepang sebagai salah satu negara dengan reputasi global terbaik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa anime shounen tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai instrumen strategis diplomasi Jepang dalam memperkuat citra nasionalnya di Indonesia. Kata Kunci: Diplomasi Digital, Soft Power, Nation Branding, Anime Shounen, Jepang, Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |