PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MARTHA BEAUTY BAR DI KOTA BANDUNG

Anjani, Salma Yuhyi (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MARTHA BEAUTY BAR DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (376kB)

Abstract

Martha Beauty Bar di Kota Bandung adalah salah satu tempat yang populer untuk layanan kecantikan, terutama dalam layanan seperti ekstensi bulu mata, manicure, dan pedicure. Martha Beauty Bar didirikan pada 14 Agustus 2020 oleh Lucy Martha Diany. Adapun masalah pada kepuasan konsumen yaitu kesesuaian harapan. Permasalahan tersebut disebabkan oleh kualitas pelayanan yaitu kehandalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Martha Beauty Bar di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis, korelasi rank spearman, dan koefisien determinasi. Berdasarkan data dan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen pada Martha Beauty Bar di Kota Bandung. Hasil uji koefisien determinasi terdapat pengaruh sebesar 63,1% , dan sisanya sebesar 36,9% yang diberikan oleh faktor lain seperti brand image, endorsement dan media iklan. Adapun hambatan yang dihadapi Martha Beauty Bar yaitu karyawan yang masih kurang handal dalam melakukan menggambar desain yang sesuai dengan keinginan konsumen, sehingga menyebabkan kualitas pelayanan pada karyawan Martha Beauty Bar masih belum baik. Sehingga upaya yang dilakukan yaitu melakukan pelatihan kepada karyawan, dan mengevaluasi setiap harinya kepada karyawan agar dapat memperbaiki dan mempertahankan kinerja serta kualitas gambar. Saran yang dapat peneliti kemukakan dari hasil penelitian yaitu memberikan pelatihan tambahan, serta lebih selektif dalam pemilihan karyawan yang dimana harus bisa memilih karyawan yang handal dan memiliki pengalaman. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:51
Last Modified: 24 Sep 2025 01:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78536

Actions (login required)

View Item View Item