PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN VIRTUAL LAB DAN PRAKTIKUM LANGSUNG PADA MATERI RESPIRASI

ATIKA, 205040051 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN VIRTUAL LAB DAN PRAKTIKUM LANGSUNG PADA MATERI RESPIRASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran biologi menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan proses sains (KPS) yang mencakup kemampuan mengamati, menafsirkan data, dan menyimpulkan hasil eksperimen. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa KPS peserta didik pada materi sistem respirasi masih rendah karena pembelajaran lebih banyak berfokus pada teori dan minim praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan KPS peserta didik melalui penerapan model pembelajaran direct instruction yang dipadukan dengan virtual lab berbasis web biodigital serta praktikum langsung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Pasundan 4 Bandung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimental type one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan KPS berdasarkan uji z, dengan nilai signifikan α 0,05, yang berarti peningkatan signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai N-Gain menunjukkan peserta didik berada pada kategori sedang. Selain itu, hasil angket respons menunjukkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran. Dengan demikian, kombinasi direct instruction, virtual lab, dan praktikum langsung terbukti efektif dalam memperkuat pemahaman konsep dan meningkatkan KPS peserta didik. Kata Kunci: Direct instruction, keterampilan proses sains, praktikum langsung virtual lab

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:43
Last Modified: 23 Sep 2025 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78507

Actions (login required)

View Item View Item