EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATERI EKOSISTEM PADA PESERTA DIDIK

Rahmawati Salaisa, 215040058 (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATERI EKOSISTEM PADA PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (593kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tantangan dalam pendidikan saat ini adalah rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia tercermin dari skor PISA yang masih rendah dan keterbatasan dalam mengidentifikasi serta menerapkan konsep sains dalam kehidupan nyata. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang memanfaatkan teknologi menjadi tantangan utama dalam pendidikan sains. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video YouTube dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one-group pretestposttest. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas X di SMA 22 Bandung tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest) dan dianalisis menggunakan uji statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dan analisis N-Gain . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi sains peserta didik, dengan skor rata-rata meningkat dari 60,80 (pretest) menjadi 83,31 (posttest). Nilai N-Gain sebesar 0,56 menunjukkan efektivitas model pembelajaran dalam kategori sedang. Uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan dengan nilai p < 0,001. Seluruh peserta didik mengalami peningkatan tanpa ada penurunan. Model pembelajaran CPS berbantuan YouTube terbukti efektif meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan sesuai tuntutan pembelajaran abad 21. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Ekosistem, Literasi Sains, Pendidikan Biologi, YouTube

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:09
Last Modified: 23 Sep 2025 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78504

Actions (login required)

View Item View Item