PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL X (TWITTER) SEBAGAI SARANA PERSONAL BRANDING

Rabbani, Melisa Asri (2025) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL X (TWITTER) SEBAGAI SARANA PERSONAL BRANDING. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (225kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (297kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Penggunaan Media Sosial X (Twitter) Sebagai Sarana Personal Branding (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Akun @crankygvrl)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akun tersebut membentuk, mengembangkan, dan mempertahankan personal branding-nya melalui platform X (Twitter). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, serta teori yang digunakan adalah The Eight Laws of Personal Branding dari Peter Montoya, dengan fokus pada tiga aspek hukum utama yaitu spesialisasi, visibilitas, dan keteguhan (persistence). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik akun, informan pendukung, dan informan akademis. Melakukan observasi langsung terhadap konten akun @crankygvrl, dan dokumentasi aktivitas digitalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @crankygvrl secara konsisten menampilkan konten bertema beauty, lifestyle, dan fashion, memiliki ciri khas personal seperti style hijab, angle selfie, dan style make-up. Akun @crankygvrl juga mampu membangun koneksi dengan audiens melalui interaksi yang real-time dan membuat konten yang relevan serta originial hasil karya pribadi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial X (Twitter) dapat efektif digunakan sebagai sarana personal branding apabila dimanfaatkan secara strategis dan konsisten. Akun @crankygvrl berhasil membangun, membentuk, dan mempertahankan personal branding-nya yang sudah ia bangun sejak tahun 2021 yang lalu dengan memiliki identitas digital yang kuat, kredibel, dan memiliki pengaruh terhadap audiensnya. Kata kunci: Media Sosial X (Twitter), Personal Branding, Content Creator, The Eight Laws of Personal Branding.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 19 Sep 2025 08:52
Last Modified: 19 Sep 2025 08:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78445

Actions (login required)

View Item View Item