AGUNG NURHAMZAH, 115060299 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV SDN INPRES BIRU KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1.COVER.docx Download (41kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
3.Moto skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
4.ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
5.TRANSLET ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
6.KATA PENGANTAR SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
7.UCAPAN TERIMA KASIH SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
8.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
9.DAFTAR ISI SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
12.BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
13.BAB II.docx Download (58kB) |
|
Text
14.BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
15.BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
16.BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
17.DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
Abstract
Peneliti ini mengangkat judul metode kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada materi sumber day alam. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Inpres Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 28 orang. Kemampuan menguasai materi yang masih rendah serta kurang minat siswa terhadap mata pelajaran IPS mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dari permasalahan di atas, fokus peneliti yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan kurangnya kemampuan menguasai materi serta minat siswa terhadap mata pelajaran IPS diakibatkan cara belajar yang cenderung membosnkan. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Action Research Clas Room) penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri atas beberapa tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan observasi, evaluasi analisis serta refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan dan tes tulisan serta lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Inpres Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung tahun ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar secara optimal. Hal ini terbukti dalam perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I hasil post-tes 75% pada siklus II hasil pos-tes 89,28 % terjadi peningkatan pada skor rata-rata postes silkus I sebesar 69,82 dan rata-rata siklus II 74,46 dan adanya peningkatan hasil belajar tersebut menggambarkan keberhasilan suatu penelitian.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 18:10 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 18:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7841 |
Actions (login required)
View Item |