PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS PESERTA DIDIKSEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas IV SDN 127 Sekeloa Kota Bandung)

RENDI, 215060070 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS PESERTA DIDIKSEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas IV SDN 127 Sekeloa Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (165kB)
[img] Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsepmatematis peserta didik di SDN 127 Sekeloa serta masih terbatasnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Di era saat ini, pembelajaran menuntut adanyapengembangan yang didukung oleh teknologi yang relevan, tidak hanyabergantung pada buku teks atau peran guru semata. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning(PBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap kemampuan pemahaman konsepmatematis peserta didik SDN 127 Sekeloa. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semi (quasi-experiment), menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitianterdiri dari 30 peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 30 pesertadidik kelas IV B sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kelaseksperimen adalah model PBL berbantuan aplikasi Quizizz, sementara kelaskontrol mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Teknik pengumpulandata dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest serta lembar observasi aktivitas. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, danuji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dan pengaruhsignifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 65%(kategori sedang), serta nilai Ef ect Size sebesar 1,82 (kategori besar). Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dan pengaruh yangsignifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didikyangmenggunakan model PBL berbantuan Quizizz dibandingkan dengan pembelajarankonvensional. Kata kunci: Problem Based Learning, Quizizz, Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:04
Last Modified: 16 Sep 2025 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78397

Actions (login required)

View Item View Item