UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI ASMI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

RAMA WIJAYA, 115060106 (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI ASMI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (157kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK inggris.docx

Download (24kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL FINAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan setelah melihat permasalahan yang terjadi dilapangan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung diantaranya terlihat banyak siswa tidak berani untuk berpendapat,bertanya, dan menjawab pertanyaan, serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat oleh guru. Hal inilah yang menjadi pokok permasalahan dalam penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning rasa percaya diri dan hasil belajar siswa meningkat pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keberagaman, peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase keseluruhan siswa selalu meningkat pada setiap pelaksanaan siklusnya. Pada siklus 1 persentase penilaian sikap rasa percaya diri siswa mencapai 70,28% atau 26 orang siswa yang dinyatakan tuntas kemudian untuk penilaian hasil belajar pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 64,87% atau 24 orang siswa yang dinyatakan tuntas. Sedangkan pada pelaksanaan siklus 2 hasil penilaian sikap rasa percaya diri mencapai persentase sebesar 91,90% atau 34 orang siswa yang mencapai ketuntasan, kemudian penilaian hasil belajar pada siklus 2 mencapai persentase sebesar 86,48% atau 32 orang siswa yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata kunci : Rasa percaya diri, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Aug 2016 17:57
Last Modified: 03 Aug 2016 17:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7839

Actions (login required)

View Item View Item