PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKN

NI MADE LOGISTA V.S, 115060281 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (158kB)
[img] Text
lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (30kB)
[img] Text
Abstrak II.docx

Download (24kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
BAB I Awal.docx

Download (22kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II AWAL.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB III lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SDN Pasirluyu Bandung khususnya di kelas V pada mata pelajara PKn tentang Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievements division (STAD). Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya temuan masalah yang ditemui oleh peneliti pada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan motivasi belajar peserta didik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun sehingga menyebabkan 50% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Permasalahan ini muncul disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa masih rendah yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan atau pembelajaran, adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar yang dilakukan melalui post tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Jika dilihat dari hasil belajar pada siklus I dari jumlah siswa 26 orang, 19 siswa yang mencapai KKM 73%. Pada siklus ke-II terdapat peningkatan siswa yang mencapai KKM sebesar 92%. Sedangkan dari motivasi belajar siswa pada siklus I siswa yang memperoleh kriteria ketuntasan sebesar 73% dengan kriteria cukup selanjutnya pada siklus ke-II meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik. Dari penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pasirluyu Bandung pada mata pelajaran PKn tentang Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kata Kunci: Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Aug 2016 17:46
Last Modified: 03 Aug 2016 17:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7837

Actions (login required)

View Item View Item