NURWAHIDA NADIRA, 215060140 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PHET SIMULATIONS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (957kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PhET Simulations terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 114 Bojong Koneng Cibeunying. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang terlihat dari skor rata-rata bernalar kritis sebesar 55,43 serta masih dominannya metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV C sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian berupa pretest dan posttest digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata pada kelas ekseprimen 52,48 (Prettest) menjadi 84,08 (Posttest), sedangkan kelas kontrol meningkat dari 50,76 menjadi 80,20. Uji Mannwhitney menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,012 < 0,05 yang menerangkan bahwa terdapat perbedaan yang jelas antara nilai kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS. Hasil uji effect size sebesar 0,755 menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PhET Simulations memberikan pengaruh yang sedang terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning yang dipadukan dengan media interaktif seperti PhET Simulations efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media PhET Simulations, Kemampuan berpikir kritis, IPAS, SD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:31 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |