Rianto Freddrick Rasya Kirana, 215010001 (2025) PENANAMAN NILAI KARAKTER DISPLIN PESERTA DIDIK MELALUI LATIHAN DASAR KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di Kelas X SMK Negeri 1 Soreang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penanaman Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Latihan Dasar Kedisiplinan. Penelitian didasarkan keresahan peneliti terhadap kurangnya sikap disiplin peserta didik di sekolah. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik analisis data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa. 1) latihan dasar kedisiplinan peserta didik bekerja sama TNI telah menunjukkan hasil yang positif dengan menggunakan metode experiental learning dan teknik modeling dimana peserta didik terlibat secara langsung, mengamati dan meniru prilaku modelsehingga lebih cepat dalam memahami pendidikan karakter dan kedisiplinan. 2) Kegiatan latihan dasar kedisiplinan peserta didik memberikan dampak signifikan dalam membentuk karakter disiplin, penguatan karakter melalui internalisasi nilai-nilai kedisiplinan menjadi aspek utama. 3) Peran pihak sekolah dalam mendukung keberlanjutan program tersebut melalui dibentuknya tim kedisiplinan khususnya bidang kesisiwaan, salah satu tugasnya untuk menjaga agar keberlangsungan hasil dari program tersebut didukung dengan konsistensi dalam menegakkan aturan, memberikan character building, membentuk watak dan karakter peserta didik. Hal tersebut menjadi acuan agar terciptanya karakter serta menjaga keberlanjutan program pendidikan karakter di sekolah. Dengan demikian kegiatan latihan dasar sebagai upaya penanaman nilai karakter kedisiplinan berhasil dilaksanakan dan menjadi salah satu metode dalam pendidikan karakter peserta didik. Namun pengembangan penelitian perlu dilakukan studi komparasi dengan sekolah lain sehingga mendapatkan perbandingan hasil yang lebih signifikan. Kata kunci: Kedisiplinan, Pendidikan, Karakter, Latihan Dasar Kedisiplinan, Konsistensi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 06:50 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |