PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, KEAMANAN DATA, DAN HEDONIC MOTIVATION TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET MELALUI INTENSI PENGGUNA (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Akuntansi Angkatan 2020/2021 di Universitas Pasundan)

Algy Hafidzan Alghiffary, 194020154 and Budi Septiawan S.E.M.AK.,MBA, Pembingbing (2025) PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, KEAMANAN DATA, DAN HEDONIC MOTIVATION TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET MELALUI INTENSI PENGGUNA (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Akuntansi Angkatan 2020/2021 di Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text
4. Abstract.pdf

Download (234kB)
[img] Text
7. Bab I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
8. Bab II.pdf

Download (613kB)
[img] Text
9. Bab III.pdf

Download (564kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap kepercayaan, keamanan, hedonic motivation, intensi pengguna serta penggunaan ewallet itu sendiri. Selain itu, penelitian ini mengevaluasi pengaruh variabel tersebut terhadap intensi pengguna dan penggunaan e-wallet, termasuk peran mediasi dari intensi pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Akuntansi Angkatan 2020/2021di Universitas Pasundan Bandung. Sampel penelitian berjumlah 72 responden yang dipilih menggunakan non-probability sampling, dengan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus hair. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS versi 3. Pengujian model dilakukan menggunakan Outer Model dan Inner Model. Pengujian Outer Model mencakup uji reliabilitas item individual, uji reliabilitas konsistensi internal, uji Average Variance Extracted (AVE), dan uji validitas diskriminan. Sementara itu, pengujian Inner Model mencakup Path Coefficient (β), R2 (Coefficient of Determination), f2 (Effect Size), dan Q2 (Predictive Relevance). Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi keamanan data pengguna dan hedonic motivation berpengaruh signifikan terhadap intensi pengguna (e-wallet). Namun, persepsi hedonic motivation berpengaruh signifikan terhadap pengguna ewallet dikalangan mahasiswa, hanya saja persepsi kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi pengguna dan penggunaan e-wallet dan persepsi keamanan data pengguna tidak berpengaruh terhadap intensi pengguna. Selain itu intensi pengguna berperan sebagai mediator yang signifikan antara persepsi keamanan data dan hedonic motivation terhadap penggunaan e-wallet. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi hedonic motivation merupakan faktor utama yang mendorong intensi dan penggunaan e-wallet oleh mahasiswa. Kata kunci: Persepsi Hedonic Motivation, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Keamanan Data. Penggunaan E-Wallet, Intensi Pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:26
Last Modified: 22 Aug 2025 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77807

Actions (login required)

View Item View Item