PERANCANGAN UI/UX APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN KUE BASAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS : ZAHRA SNACK)

Abiyyu, Sulthan Jihad (2024) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN KUE BASAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS : ZAHRA SNACK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
SulthanJihadAbiyyu_193040048_TeknikInformatika.pdf

Download (242kB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian karena turut berperan dalam menciptakan banyak kesempatan kerja. Untuk itu, Pemerintah terus menggalakkan upaya digitalisasi UMKM guna memastikan pertumbuhan dan keberlanjutan sektor tersebut serta menjadikannya sebagai pilar utama dalam perdagangan dan ekonomi global. Toko Zahra snack merupakan salah satu UMKM didaerah Cijerah kota Bandung, setiap konsumen dapat memesan kue basah melalui telepon terhadap penjual, konsumen merasa kesulitan mencari informasi seputar kue basah Zahra Snack, dimana tidak adanya media informasi. Pemasok juga merasa kurangnya efisiensi dalam proses pemesanan Zahra Snack. Penelitian ini berfokus pada perancangan antarmuka pada website e-commerce Zahra Snack menggunakan metode design thinking. Dengan menerapkan pendekatan Metode design thinking terdiri dari lima tahap utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahap Empathize melibatkan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan, perasaan pembeli dan pemasok Zahra Snack melalui observasi, wawancara dan empathy map. Tahap Define menyusun kebutuhan dan permasalahan pengguna yang dibuat melalui user persona dan user journey map, lalu pada tahap Ideate berbagai ide kreatif dikembangkan sebagai solusi potensial dalam Brainstorming. pada tahap Prototype, beberapa solusi dipilih dan dikembangkan menjadi model prototipe yang terbagi menjadi dua yaitu low-fidelity dan high-fidelity. Pada tahap terakhir yaitu Test, proses di mana prototipe yang telah dibuat diuji oleh pengguna sebenarnya untuk mendapatkan umpan balik. Hasil penelitian ini yaitu rancangan website e-commerce Zahra Snack yang dilakukan sampai tahapan pengujian kepada user persona yang sudah dibuat. Para konsumen dan pemasok merasa terbantu dengan adanya penilitian ini dikarenakan membantu dalam permasalahan untuk membutuhkan waktu dan tenaga untuk memesan kue basah di toko Zahra Snack, di website tersebut dengan tujuan agar pemasaran kue basah Toko Zahra Snack dapat memesan dimana saja ia berada, dan untuk pemasok meningkatkan efisiensi operasional mereka. Kata kunci: antarmuka pengguna, Website, E-commerce kue basah, Design Thinking.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:28
Last Modified: 15 Aug 2025 02:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77762

Actions (login required)

View Item View Item