IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION (SMO) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS: STUDI KASUS PRODUK DEVCODE PT. SKYSHI DIGITAL INDONESIA.

Esthetika, Religi Realista (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION (SMO) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS: STUDI KASUS PRODUK DEVCODE PT. SKYSHI DIGITAL INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Religi_Realista_Esthetika_203040069_Teknik_Informatika.pdf

Download (332kB)

Abstract

Peningkatan brand awareness merupakan salah satu tujuan utama dalam strategi pemasaran digital bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, termasuk PT. Skyshi Digital Indonesia melalui produk Devcode. Devcode adalah platform pembelajaran pemrograman yang dirancang untuk membantu programmer pemula dan profesional meningkatkan keterampilan mereka. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang secara khusus membahas optimasi strategi pemasaran melalui Social Media Optimization (SMO) pada media sosial Instagram untuk meningkatkan brand awareness produk ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi SMO pada Instagram Devcode.ai guna meningkatkan jangkauan dan interaksi audiens. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang dikumpulkan dari kuesioner serta analisis Instagram Insights dan Mezink Analytics. Data kuesioner digunakan untuk memahami demografi audiens dan preferensi konten, sedangkan Instagram Insights dan Mezink Analytics digunakan untuk mengevaluasi pertumbuhan pengikut dan efektivitas kampanye digital. Untuk mengukur keberhasilan lebih lanjut, analisis sentimen terhadap komentar Instagram dilakukan menggunakan Python. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens utama Devcode.ai berasal dari kelompok usia 18- 24 tahun (72,4%) dengan distribusi gender yang seimbang. Strategi SMO berhasil meningkatkan pengikut sebesar 4.845 selama periode Oktober hingga Januari. Peningkatan klik dari Instagram ke website Devcode sebanyak 5.194 juga mengindikasikan keberhasilan kampanye. Analisis sentimen dari 195 komentar menunjukkan mayoritas bersifat netral (54%) dan positif (45%), dengan hanya 1% yang negatif. Kata Kunci: Social Media Optimization, pemasaran digital, brand awareness, Instagram Insights, analisis sentimen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:47
Last Modified: 14 Aug 2025 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77737

Actions (login required)

View Item View Item