PENERAPAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM IMUN

RAJABI AGRES NANJUNG, 215040046 (2025) PENERAPAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut peserta didik memiliki berbagai keterampilan, salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun, pada kenyataannya, tidak semua kegiatan pembelajaran di sekolah mengarahkan peserta didik pada kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran web-based berbasis multiple representasi yang berorientasi pada studi kasus yang bersumber dari artikel jurnal. Metode yang digunakan adalah preexperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengukur lima indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu: merumuskan masalah, mendiagnosis masalah, merumuskan alternatif strategi pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan melakukan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan problem solving peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan, dengan nilai signifikansi < 0,05 dan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,60 yang termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan ini tercermin dari meningkatnya skor peserta didik pada seluruh indikator. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan web-based berbasis multiple representasi yang disajikan melalui studi kasus mampu mengarahkan peserta didik untuk menganalisis masalah berdasarkan gejala, membedakan penyebab, menyusun strategi pemecahan, menentukan tindakan yang tepat, dan mengevaluasi efektivitas solusi. Peningkatan tersebut mengindikasikan adanya efek positif dari pembelajaran menggunakan web-based berbasis multiple representasi yang mengarahkan peserta didik pada proses analisis, pemahaman mendalam, hingga penyusunan solusi terhadap permasalahan yang diberikan secara kontekstual. Kata Kunci: Problem Solving, Web-Based, Multiple Representasi, Studi Kasus, Sistem Imun

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:51
Last Modified: 11 Aug 2025 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77658

Actions (login required)

View Item View Item