PENGGUNAAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION (MR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM

Nisa Haerun, 215040034 (2025) PENGGUNAAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION (MR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kesulitan peserta didik dalam memahami materi ekosistem pada pembelajaran Biologi disebabkan oleh rendahnya kemampuan penalaran deduktif akibat penggunaan media ajar yang kurang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan penalaran deduktif peserta didik pada materi ekosistem dengan menggunakan Web-Based berbasis Multiple Representation (MR). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode preeksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMAN 15 Bandung dengan sampel kelas X-6 melalui purposive sampling. Instrumen tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan bernalar deduktif dan kuesioner mengenai respon peserta didik. Berdasarkan dari data penelitian, setelah pembelajaran hasil posttest meningkat dengan menunjukkan nilai rata-rata 87,80 dan nilai N-gain mendominasi kategori sedang sebesar 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Web-Based berbasis Multiple Representation (MR) efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran deduktif pada materi ekosistem dan mendapat respon positif oleh peserta didik. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar mengembangkan media sejenis lebih lanjut dengan melibatkan kelas kontrol sebagai pembanding dan mempertimbangkan karakteristik peserta didik untuk hasil yang lebih optimal. Kata Kunci: Web-Based, Multiple Representation, Kemampuan Penalaran Deduktif, Ekosistem

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:02
Last Modified: 06 Aug 2025 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77611

Actions (login required)

View Item View Item