Penggunaan Web-based Berbasis Multiple Representation (MR) Untuk Meningkatkan Logical Analysis Peserta Didik Pada Materi Ekosistem

DWIYANTI ANISA, 215040049 (2025) Penggunaan Web-based Berbasis Multiple Representation (MR) Untuk Meningkatkan Logical Analysis Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran biologi di sekolah menuntut penggunaan kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya kemampuan logical analysis terhadap konsep-konsep yang bersifat abstrak dan kompleks, seperti pada materi ekosistem. pada kenyataannya, peserta didik masih mengalami kesulitan untuk meningkatkan kemampuan logical analysis dalam penguasaan pokok materi ekosistem dalam konteks pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan logical analysis peserta didik pada materi ekosistem dengan memanfaatkan penggunaan media web-based berbasis multiple representation. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 15 Bandung dengan sampel yang digunakan kelas kelas X-3 yang diambil dengan cara Purposive Sampling karena memiliki kriteria belum mempelajari materi ekosistem, belum pernah melakukan pembelajaran menggunakan web, setiap peserta didik memiliki gawai, dan koneksi jaringan internet di ruang kelas stabil. Berdasarkan data penelitian, hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 33,23 dan setelah proses pembelajaran hasil post-test meningkat dengan menunjukkan nilai rata-rata 80,97 dengan Gain sebesar 47,74 serta N-Gain didominasi oleh kategori tinggi sebesar 58,06%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media webbased berbasis multiple representation dapat meningkatkan kemampuan logical analysis peserta didik pada materi ekosistem. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengoptimalkan penstimulasian keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan konteks peningkatan kemampuan logical analysis, menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol agar mendapatkan hasil yang lebih optimal, mempertimbangkan penelitian dengan jangka waktu yang lebih lama untuk mengevaluasi dampak jangka panjangnya, memilih subjek penelitian dengan cakupan yang lebih luas, serta memanfaatkan media ini untuk diterapkan pada materi lain dalam mata pelajaran biologi. Kata kunci: Web-Based, Multiple Representation, Logical Analysis, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:42
Last Modified: 06 Aug 2025 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77609

Actions (login required)

View Item View Item