PENERAPAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA RANAH KOGNITIF

AHADIYAT,RISMA RIYANTI, 215040018 (2025) PENERAPAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA RANAH KOGNITIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (144kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI SIDANG SARJANA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (179kB)
[img] Text
10. RINGKESAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
15. BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
16. BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Permbelajaran abad ke-21 telah memanfaatkan teknologi digital dalam proses belajar mengajar. Namun, pada pembelajaran biologi, media yang digunakan masih belum sepenuhnya efektif dan interaktif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif peserta didik pada materi sistem imun setelah diterapkannya web-based berbasis multiple representation. Metode yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini yaitu di SMA Negeri 23 Bandung, pada kelas XI 5 dengan sampel 36 peserta didik melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan ratarata nilai pre-test 75 dan rata-rata nilai post-test 96, nilai N-Gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi serta nilai signifikasi sebesar 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif C1 sampai dengan C4. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan web-based berbasis multiple representation dengan menyajikan gambar, video, diagram, tabel dan model 3D mampu membantu peserta didik dalam mengingat informasi, mengaitkan dan menjelaskan makna dari informasi yang diperoleh, menerapkan pemahaman konsep dan menguraikan dengan mengaitkan konsep yang telah dipelajari secara lebih mendalam. Kata Kunci: Web-based, Multiple Representation, Hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:31
Last Modified: 06 Aug 2025 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77608

Actions (login required)

View Item View Item