AHADIYAT,RISMA RIYANTI, 215040018 (2025) PENERAPAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA RANAH KOGNITIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGUJI SIDANG SARJANA.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
10. RINGKESAN.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
15. BAB I.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
16. BAB II.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
![]() |
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
![]() |
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
![]() |
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
Abstract
Permbelajaran abad ke-21 telah memanfaatkan teknologi digital dalam proses belajar mengajar. Namun, pada pembelajaran biologi, media yang digunakan masih belum sepenuhnya efektif dan interaktif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif peserta didik pada materi sistem imun setelah diterapkannya web-based berbasis multiple representation. Metode yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini yaitu di SMA Negeri 23 Bandung, pada kelas XI 5 dengan sampel 36 peserta didik melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan ratarata nilai pre-test 75 dan rata-rata nilai post-test 96, nilai N-Gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi serta nilai signifikasi sebesar 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif C1 sampai dengan C4. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan web-based berbasis multiple representation dengan menyajikan gambar, video, diagram, tabel dan model 3D mampu membantu peserta didik dalam mengingat informasi, mengaitkan dan menjelaskan makna dari informasi yang diperoleh, menerapkan pemahaman konsep dan menguraikan dengan mengaitkan konsep yang telah dipelajari secara lebih mendalam. Kata Kunci: Web-based, Multiple Representation, Hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:31 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |