UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 9 BADAU MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PELAJARAN IPS PADA MATERI PETA DAN KELENGKAPANNYA

Tresayanti, 115060030 (2016) UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 9 BADAU MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PELAJARAN IPS PADA MATERI PETA DAN KELENGKAPANNYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
caver skripsi.docx

Download (70kB)
[img] Text
lembar pengesahan teye.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR teye.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
daftar isi insya allah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (105kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian dengan judul upaya peningkatan disiplin diri dan hasil belajar siswa kelas IV 9 Badau melalui model cooperative script dalam pelajaran ips pada materi peta dan kelengkapannya, bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar serta disiplin diri siswa kelas IV SDN 9 badau pada pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukan oleh hasil observasi disiplin dan hasil belajar yang rendah. Rendahnya disiplin dan hasil belajar siswa karena rendahnya kesadaran siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dari hasil observasi awal di kelas IV SDN 9 Badau dapat diketahui bahwa disiplin dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS dirasa kurang. Hal ini disebabkan karena proses belajar mengajarnya masih menggunakan metode lama yaitu ceramah, Tanya jawab, dan penugasan, guru masih menjadi satu- satunya sumber belajar, dan kurang adanya disiplin diri siswa. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative script berpengaruh terhadap meningkatnya disiplin dan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi Peta dan Kelengkapannya. Hal ini dapat ditujukan dengan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II terlihat dari hasil penyusunan RPP, hasil Pelaksanaan Pembelajaran, hasil disiplin dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Cooperative Script. Pada siklus I dari observasi RPP meningkat dengan persentase 58,3% dan pada siklus II persentase 90%, pada siklus I pelaksanaan pembelajaran sebesar 70% dan siklus II meningkat dengan persentase 89,1% disiplin siswa meningkat dengan persentase 54%, dan pada siklus II dengan persentase 67,7%. Hal ini dikarenakan dalam model cooperative script siswa diberikan temannya, sehingga siswa dapat belajar mengemukakan pendapat secara berani dalam waktu yang ditentukan, berinteraksi, bersosialisasi, dan berdiskusi dengan teman- temannya, sehingga siswa bisa mengemukakan pendapatnya dengan bebas serta menghargai pendapat tema- temannya dan dapat terlibah secara aktif pada kegiatan belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative script dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Disiplin, Hasil Belajar, Materi Peta dan Kelengkapannya, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Aug 2016 15:38
Last Modified: 03 Aug 2016 15:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7760

Actions (login required)

View Item View Item