NURSYAHBANI RISYA, 215040020 (2025) PENERAPAN MULTIPLE REPRESENTASI BERBASIS WEB-BASED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
Abstract
Pemilihan model dan media ajar yang mengikuti perkembangan era digital sangat penting dalam mendukung kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Namun, penggunaan model dan media ajar yang kurang inovatif dapat berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan multiple representasi berbasis web-based untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Pasundan 1 Bandung, dengan sampel 1 kelas yaitu XI-1 yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari soal uraian dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test 40,53 dan post-test 74,9 dengan rata-rata N-Gain 0,58 dan pada taraf signifikasi 0,05 menunjukkan signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan penggunaan multiple representasi berbasis web-based. Dengan demikian, penggunaan multiple representasi berbasis web-based meliputi teks, peta konsep, gambar, video, tabel, visualisasi 3D, dan simulasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Peningkatan aspek fluency dan flexibility terjadi melalui proses diskusi, menjawab soal, dan penggunaan web-based berbasis multiple representasi. Peningkatan aspek originality dan elaboration terjadi melalui proses belajar yang konstruktif dan aktif melalui diskusi, tanya jawab, menjawab soal, serta penggunaan web-based berbasis multiple representasi yang mendukung peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Multiple Representasi, Web-based
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |