mrs, Hasrul (2025) ANALISIS PENGUNAAN KATA KONKRET DALAM KUMPULAN PUISI TIRANI DAN BENTENG KARYA TAUFIK ISMAIL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA FASE D. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
ARTIKEL_HASRUL REVISI.doc Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengkaji kaidah kebahasaan dalam puisi dan terbatasnya bahan ajar tentang mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam puisi. Permasalahan dalam penelitian ini lebih difokuskan pada masalah penggunaan kata konkret dalam puisi. Kajian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji unsur kata konkret yang berkaitan dengan indera penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan atau gerakan, dan suhu atau rasa; kata konkret apa saja yang frekuensi pemakaiannya tertinggi; dan hasil kajian kata konkret ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia untuk peserta didik pada fase D. Objek dalam penelitian ini adalah Kumpulan Puisi Tirani dan Benteng karya Taufik Ismail dengan sampel sebanyak 17 puisi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan hasil analisis penggunaan kata konkret dalam Kumpulan Puisi Tirani dan Benteng karya Taufik Ismail. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis data, mengelompokkan data sesuai dengan aspek yang diteliti, membuat tabulasi data dan menganalisisnya menggunakan kerangka teori yang sesuai, kemudian menginterpretasikannya secara rinci, dan menyusun simpulan berdasarkan tahapan-tahapan penelitian yang telah dilalui. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kata konkret yang digunakan dalam Kumpulan Puisi Tirani dan Benteng, dari 17 sampel puisi yang dikaji, ditemukan penggunaan kata konkret penglihatan, kata konkret pendengaran, kata konkret setuhan atau gerak, dan kata konkret suhu, atau rasa. Frekuensi tertinggi penggunaan kata konkret yakni kata konkret penglihatan berjumlah 89 dari total keseluruhan kata konkret sebanyak 149. Dari 17 puisi tersebut mengandung kata konkret yang kuat dan disampaikan dengan gaya bahasa komunikatif dan mudah dipahami. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia untuk peserta didik pada fase D. Kata kunci: kata konkret, puisi, bahan ajar, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |