PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD

Nurjanah,Anisa, 215060129 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (120kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SDN 104 Langensari Senanggalih, yang disebabkan oleh dominasi metode ceramah konvensional, kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, serta belum optimalnya penggunaan model dan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar, dan (3) mengetahui pengaruh model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL berbantuan Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing berjumlah 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara. Tes diberikan pada saat Pretest dan Posttest , sementara wawancara digunakan untuk memperkuat data mengenai proses pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS 29 for Mac. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan model PjBL berbantuan Quizizz berjalan lancar, efektif, dan mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik; (2) hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model PjBL berbantuan Quizizz lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PjBL berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai effect size sebesar 1,526 yang tergolong kategori tinggi. Dengan demikian, model PjBL berbantuan Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Kata Kunci: Hasil Belajar; Matematika; Pembelajaran Berbasis Proyek; Quizizz; Peserta didik Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:21
Last Modified: 28 Jul 2025 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77129

Actions (login required)

View Item View Item