Krisdiawantoro, Rudi (2025) PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN EKSPRESI DIALOG DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK DALAM PENTAS DRAMA SATU BABAK BERTEMA PROFIL PELAJAR PANCASILA DI FASE D SMPN 5 CILEUNYI. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
E- Journal Literasi 2025 RUDI K.doc Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran sosial emosional (PSE) dalam meningkatkan ekspresi dialog dan kolaborasi peserta didik melalui pementasan drama satu babak bertema Profil Pelajar Pancasila pada fase D di SMPN 5 Cileunyi. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengekspresikan dialog secara ekspresif serta bekerja sama secara efektif dalam kegiatan kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dengan desain eksplanatoris sekuensial. Data kuantitatif dikumpulkan melalui observasi performatif, sedangkan data kualitatif diperoleh dari jurnal reflektif, wawancara, dan dokumentasi video yang dianalisis secara multimodal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan ekspresi dialog dan kolaborasi setelah penerapan PSE. Skor observasi menunjukkan peningkatan rata-rata dari kategori “kurang” menjadi “baik”. Lima kompetensi dalam kerangka CASEL (CASEL, 2020, hlm. 5) yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab terfasilitasi secara kontekstual melalui kegiatan drama. Selain itu, teori belajar Vygotsky tentang Zone of Proximal Development (Vygotsky, 1978) dan model experiential learning (Kolb, 1984) Kolb mendukung pembelajaran yang bersifat sosial, reflektif, dan kontekstual. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi pembelajaran sosial emosional dalam pementasan drama satu babak secara efektif meningkatkan kemampuan ekspresi dan kerja sama peserta didik, serta memperkuat internalisasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila secara autentik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model serupa pada pembelajaran berbasis proyek dan seni budaya di jenjang SMP. Kata Kunci: pembelajaran sosial emosional, ekspresi dialog, kolaborasi, drama satu babak, Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |