SELVIA DERA, 215030037 (2025) PENERAPAN METODE ROUND ROBIN BRAINSTORMING DENGAN BERBANTUAN MEDIA PADLET DALAM MENERAPKAN UNSUR SENSE OF HUMOR PADA TEKS ANEKDOT FASE E SMAN 20 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks anekdot, terutama dalam menerapkan unsur sense of humor, menjadi latar belakang penelitian ini. Kesulitan tersebut diperparah oleh penggunaan metode dan media pembelajaran yang monoton, sehingga kelas terasa membosankan dan tidak mendorong kreativitas peserta didik. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menerapkan metode Round Robin Brainstorming yang dibantu dengan media Padlet dan menguji efektivitasnya dibandingkan dengan metode Ekspository. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan Quasi experimental design yang melibatkan dua kelompok kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen, di mana rata-rata nilai prates meningkat dari 60,51 menjadi 83,50 pada pascates. Sebaliknya, kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 49,66 menjadi 71,12, yang menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis. Uji Independentsample t test menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa perbedaan kemampuan menulis teks anekdot antara kedua kelas bersifat signifikan secara statistik. Dengan demikian, metode Round Robin Brainstorming yang dibantu media Padlet terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, merancang, dan menulis teks anekdot dengan menerapkan unsur sense of humor dibandingkan dengan metode Ekspository. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik, serta dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis di kelas, sehingga peserta didik dapat lebih terlibat, termotivasi, dan berprestasi dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Padlet, Round Robin Brainstorming , Sense Of Humor, Teks Anekdot.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |