Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian (Penelitian Kuasi Eksperimen Peserta Didik Kelas IV di SDN 274 Cempaka Arum Kota Bandung)

WULANDARI EKA DYAH AYU, 215060027 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian (Penelitian Kuasi Eksperimen Peserta Didik Kelas IV di SDN 274 Cempaka Arum Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (549kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 274 Cempaka Arum Bandung pada materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dengan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi wordwall dan model konvensional, perbedaan rata-rata hasil belajar, peningkatan hasil belajar, dan besar pengaruh model TGT berbantuan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non equivalent control gorup design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan model TGT berbantuan wordwall dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pretest, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan gambaran proses pembelajaran dengan model TGT berbantuan wordwall berjalan dengan sangat baik dengan rata-rata observasi aktivitas guru 97,25% dan peserta didik 92,50%, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas berdasarkan uji Independent sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan N-Gain 0,30 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan N-Gain 0,21, dan pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi wordwall sangat besar dengan hasil effect size 1,04 kategori effect besar. Dengan demikian, model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi wordwall terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD. Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Wordwall, Hasil Belajar, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:50
Last Modified: 18 Jul 2025 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77084

Actions (login required)

View Item View Item