WULANDARI EKA DYAH AYU, 215060027 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian (Penelitian Kuasi Eksperimen Peserta Didik Kelas IV di SDN 274 Cempaka Arum Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (694kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 274 Cempaka Arum Bandung pada materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dengan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi wordwall dan model konvensional, perbedaan rata-rata hasil belajar, peningkatan hasil belajar, dan besar pengaruh model TGT berbantuan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non equivalent control gorup design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan model TGT berbantuan wordwall dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pretest, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan gambaran proses pembelajaran dengan model TGT berbantuan wordwall berjalan dengan sangat baik dengan rata-rata observasi aktivitas guru 97,25% dan peserta didik 92,50%, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas berdasarkan uji Independent sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan N-Gain 0,30 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan N-Gain 0,21, dan pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi wordwall sangat besar dengan hasil effect size 1,04 kategori effect besar. Dengan demikian, model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi wordwall terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD. Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Wordwall, Hasil Belajar, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |