Rosilianti Lia, 215060048 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Cilisung 01. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas V-A sebagai kelas kontrol dan V-B sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji effect size dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik di kelas eksperimen dengan peserta didik di kelas kontrol. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall dengan peserta didik yang menggunakan model direct learning, hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 54,75 dan rata-rata posttest sebesar 89,4. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 51,65 dan rata-rata posttest sebesar 78,4. Berdasarkan hasil effect size, model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall memiliki pengaruh sebesar 1,4 terhadap hasil belajar peserta didik yang termasuk dalam kategori besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Kata kunci : hasil belajar, project based learning, wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |