PEMBELAJARAN MENAFSIR PANDANGAN PENGARANG DALAM TEKS NOVEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 1 CICALENGKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

NisaAmaliah Khoirun, 195030010 (2025) PEMBELAJARAN MENAFSIR PANDANGAN PENGARANG DALAM TEKS NOVEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 1 CICALENGKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
AMALIAH SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://fkip.unpas ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis Peserta didik, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Memiliki kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan belajar yang harus dikembangkan pada abad 21 yang harus dicapai oleh peserta didik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendorong dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis Peserta didik selama proses pendidikan sehingga pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Salah satunya melaui pembelajaran dengan menggunkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menafsirkan pandangan pengarang terhadap teks novel. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji kemampuan penulis, untuk menguji kemampuan peserta didik kelas XII SMAN I Cicalengka, untuk menguji kemampuan berpikir kritis, untuk menguji keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning, untuk menguji perbedaan yang signifikan dalam kemampuan peserta didik, dan untuk menguji perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII IPA 3 (kontrol model diskusi) dan XII IPA 5 (eksperimen model Problem Based Learning) SMA Negeri 1 Cicalengka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian langsung dengan serangkain kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuan, inti, dan penutup). Hasil penelitian mendapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen didapatkan skor 93,8 dengan nilai rata-rata 2,7. Sedangkan, pada kelas kontrol di dapatkan skor 90,7 dengan ratarata nilai 2,6, artinya kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran menafsirkan pandangan pengarang terhadap teks novel pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Cicalengka tahun pelajaran 2023/2024 tersebut dibuktikan efektif. Kata Kunci: Pembelajaran, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:44
Last Modified: 30 Jun 2025 07:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77017

Actions (login required)

View Item View Item